Informasi Diskon, Event Dan Produk Digital Terkini

Sunday, August 6, 2017

Apakah Arti Kemerdekaan Yang Sesungguhnya di Era Digital Ini?




Arti Kemerdekaan di Era Digital
17 Agustus 1945 di tetapkan sebagai hari kemerdekaan . Pada saat  itu soekarno memproklamasikan kemerdekaan indonesia di depan rekyatnya.  Kemerdekaan bukan hanya sebuah kata namun di dalamnya ada sebuah perjuangan, kesediahan dan kesakitan yang di rasakan oleh para pejuang yang tak terhitung jumlahnya, demi menghentikan peperangan dan kesedihan yang berkepanjangan rakyat Indonesia menginginkan kemerdekaan, maka ditetapkanlah kemerdekaan rakyat Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Hari kemerdekaan merupakan sebuah momentum untuk saling meningkatkan rasa persaudaraan, Toleransi dan kesatuan kita demi NKRI yang kita cintai ini.

Apa arti Kemerdekaan Sesungguhnya?

Dalam UUD 1945 ditegaskan bahwa kemerdekaan adalah pintu gerbang menuju cita-cita kebangsaan dan keindonesiaan yang sejati. Dari sini, kita bangsa Indonesia dituntut menjadi seseorang yang dapat mengharumkan bangsa melalui prestasi dan cita-cita yang tinggi. Kemerdekaan menurutu Kamus Besar Bahasa Indonesia (kemerdekaan /ke·mer·de·ka·an/ n keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi, dan sebagainya); kebebasan: - adalah hak segala bangsa;) dari sini kita bias memahami tiga kata tentang arti kemerdekaan yaitu: bebas, lepas,dan tidak terjajah lagi.

Lalu Apa Arti Kemerdekaan di Era Digital Ini?

Pada saat ini Indonesia merupakan salah satu Negara dengan pengguna internet nomor 6 di dunia. 
 
Sumber Gambar: kominfo.go.id


Dari gambar diatas penggunaan internet di indonesia meningkat pesat dari tahun 2013 dengan 72.8 pengguna sampai tahun 2018 dengan 123.0 pengguna.

Di era digital dengan kemudahan mendapatkan informasi sering terjadi kejahatan melalui media online, salah satu contoh kasus kejahatan yang terjadi media online adalah penyebaran HOAX. Hoax merupaka kata yang sering dikaitkan dengan berita palsu dimana berita ini bisa saja menimbulkan keresahan dan mengganggu masyarakat, dan masih banyak kasus kejahatan di era digital ini.

Muncul sebuah pertanyaan, Bagaimana caranya agar bisa terhindar dari kejahatan media online?, Lalu Tindakan apa yang harus dilakukan agar terhindar dari kejahatan media online?.

Ada banyak cara agar kita bebas dan terhindar dari kejahatan media online dianteranya dengan memilih refresi(Sumber) berita atau artikel yang memang sudah terpercaya seperti palingbaru.com, dengan memilih refrensi berita kita bisa terhindar dari berita Hoax yang seringkali muncul didalam media-media berita yang tidak bertanggung jawab.

Terkait dengan tindakan yang harus dilakukan agar terhindar dari kejahatan media online adalah menjaga privasi, meletakkan pengaman akses berinternet pada device(perangkat) yang digunakan, dan jangan mudah percaya dengan berita yang belum pasti kebenarannya.

“Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog PalingBaru #LombaBlogPalingBaru”

0 komentar:

Post a Comment