A. Metode Problem Solving
Metode
problem solving (pemecahan masalah) bukan hanya sekedar metode mengajar, tetapi
juga merupakan suatu metode berfikir, sebab dalam problem solving dapat
menggunakan metode-metode lainnya yang dimulai dengan mencari data sampai
kepada menarik kesimpulan. Penggunaan metode ini dengan mengikuti
langkah-langkah sbb:
a.
Adanya masalah yang jelas untuk dipecahkan, masalah ini
harus tumbuh dari siswa sesuai dengan taraf kemampuannya.
b.
Mencari data atau keterangan yang dapat digunakan untuk
memecahkan masalah tersebut, misalnya dengan jalan membaca buku-buku, meneliti,
bertanya, berdiskusi dan lain-lain.
c.
Menetapkan jawaban sementara dari masalah tersebut,
dugaan jawaban ini tentu saja didasarkan kepada data yang telah diperoleh pada
langkah kedua diatas.
d.
Menguji kebenaran jawaban sementara tersebut, dalam
langkah ini siswa harus berusaha memecahkan masalah sehingga betul-betul yakin
bahwa jawaban tersebut betul-betul cocok. Apakah sesuai dengan jawaban
sementara atau sama sekali tidak sesuai. Untuk menguji kebenaran jawaban ini
tentu saja diperlukan metode-metode lainnya seperti demonstrasi, tugas diskusi,
dll.
e. Menarik
kesimpulan, artinya siswa harus sampai kepada kesimpulan terakhir tentang
jawaban dari masalah tadi.
Manfaat dan tujuan dari metode problem
solving
Manfaat
dari penggunaan metode problem solving pada proses belajar mengajar untuk
mengembangkan pembelajaran yang lebih menarik. Metode problem solving
memberikan beberapa manfaat antara lain:
a)
Mengembangkan sikap keterampilan siswa dalam memecahkan
permasalahan, serta dalam mengambil keputusan secara objektif dan mandiri
b)
Mengembangkan kemampuan berpikir para siswa, anggapan
yang menyatakan bahwa kemampuan berpikir akan lahir bila pengetahuan makin
bertambah
c)
Melalui inkuiri atau problem solving kemampuan berpikir
tadi diproses dalam situasi atau keadaan yang benar-benar dihayati, dimintai
siswa serta dalam berbagai alternative
d)
Membina pengembangan sikap perasaan (ingin tahu lebih
lanjut) dan cara berpikir objektif-mandiri, krisis-analisis baik secara
individual maupun kelompok
Tujuan dari pembelajaran problem
solving adalah sbb:
a)
Siswa menjadi terampil menyeleksi informasi yang
relevan kemudian menganalisisnya dan akhirnya meneliti kembali hasilnya
b)
Kepuasan intelektual akan timbul dari dalam sebagai
hadiah intristik bagi siswa
c)
Potensi intelektual siswa meningkat
d)
Siswa belajar bagaimana melakukan penemuan dengan
melalui proses melakukan penemuan.
Materi problem solving mempunyai
kelebihan dan kekurangan sbb:
1.
Kelebihan metode problem solving
a.
Metode ini dapat membuat pendidikan di sekolah menjadi
lebih relevan dengan kehidupan, khususnya dengan dunia.
b.
Proses belajar mengajar melalui pemecahan masalah dapat
membiasakan para siswa menghadapi dan memecahkan masalah secara terampil,
apabila menghadapi permasalahan di dalam kehidupan dalam keluarga,
bermasyarakat, dan bekerja kelak, suatu kemampuan yang sangat bermakna bagi
kehidupan manusia.
c.
Metode ini merangsang kemampuan berfikir siswa secara
kreatif dan menyeluruh, karena dalam proses belajarnya, siswa banyak melakukan
mental dengan menyoroti permasalahan dari berbagai segi dalam rangka mencari
pemecahan.
2.
Kekurangan metode problem solving
a.
Menentukan suatu masalah yang tingkat kesulitannya
sesuai dengan tingkat berfikir siswa, tingkat sekolh dan kelasnya serta
pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki siswa, sangat memerlukan
kemampuan dan keterampilan guru. Sering orang beranggapan keliru bahwa metode
pemecahan masalah hanya cocok untuk SLTP. SLTA dan Perguruan tinggi saja. Padahal,
untuk siswa SD sederajat juga bisa dilakukan dengan tingkat kesulitan
permasalahan yang sesuai dengan taraf kemampuan berfikir anak.
b.
Proses belajar megajar dengan menggunakan metode ini
sering memerlukan waktu yang cukup banyak dan sering terpaksa mengambil jam
pelajaran lain.
c.
Mengubah kebiasaan siswa belajar dengan mendengarkan
dan menerima informasi dari guru menjadi belajar dengan banyak berfikir
memecahkan permasalahan sendiri atau kelompok, yang kadang-kadang memerlukan
berbagai sumber belajar, merupakan kesulitan tersendiri bagi siswa.
0 komentar:
Post a Comment